Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer Game Yang Bagus


Power Supply Untuk Komputer Game - Power supply adalah salah satu bagian komponen perangkat keras komputer yang sangat penting, seperti namanya power supply berfungsi untuk merubah arus listrik AC (listrik yang ada di rumah) menjadi arus listrik yang bersifat searah (DC). dengan begitu power supply dapat mengalirkan listrik ke seluruh bagian komponen komputer yang lainnya, sehingga komputer dapat menyala dan beroperasi.

Power supply memiliki macam dan jenis yang banyak sekali, tergantung dari jenis motherboard yang kita gunakan pada komputer. Maka dari itu setiap komputer desktop perlu penyesuaian dengan jenis power supply yang digunakan.

Hal Penting Untuk Power Supply Komputer Game


Pada saat ini banyak sekali gamer yang merakit sendiri komputer yang cocok untuk mereka gunakan bermain game. karena dengan mereka merakit komputer sendiri mereka bisa bebas menentukan spesifikasi dari komputer gaming yang ingin digunakan, dan juga selain itu komputer rakitan sendiri harganya bisa lebih murah jika dibandingkan dengan komputer yang sudah jadi.

Meskipun pada komputerr rakitan kita bisa bebas menentukan spesifikasi dari komputer yang ingin digunakan, Namun terkadang ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari komputer rakitan sendiri yang jarang sekali diketahui saat merakit komputer. PC gaming adalah jenis komputer desktop yang dirakit pengguna khusus hanya berfokus untuk bermain game dan juga untuk mengolah dari fitur-fitur penting dalam sebuah game. biasanya sebuah PC gaming memiliki kelebihan yang difokuskan untuk memiliki kemampuan seperti berikut :

  • Mengolah Grafik 3D dan ganmbar dengan kualitas yang tinggi
  • Memiliki kapasitas RAM yang tinggi
  • Memiliki kecepatan prcessor yang cukup tinggi
  • Power Supply yang di sesuaikan dengan kebutuhan

Hal diatas merupakan beberapa syarat utama yang biasanya menjadikan pilihan untuk merakit komputer / PC gaming.

Power supply pada Komputer Game

Pada dasarnya, untuk mendukung dari performa yang tinggi oleh sebuah komputer game, maka dibutuhkan juga kondisi dari arus listrik yang besar dan stabil, maka dari itu kita perlu menyesuaikan power supply untuk komputer game, kendala Jika kita salah memilih power supply untuk komputer yang kita gunakan, komputer bisa saja tidak dapat beroperasi akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang kita inginkan. Tambahkan bisa juga mengalami mah fungsi pada komponen komputer yang lainnya.

Jika kita asal-asalan memilih power supply yang kita gunakan bukan tidak mungkin kalau power supply yang kita gunakan mengalami kerusakan nantinya dikarenakan menanggung beban yang tidak sesuai. Apalagi jika anda orang yang termasuk awam terhadap hardware komputer, nantinya Pasti akan sangat merepotkan Anda.

Untuk itu saya ingin memberikan beberapa tips cara memilih power supply yang bagus dan sesuai untuk pc game, seperti berikut :

Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer Game

1. Merk dan kualitas

Merek dan kualitas adalah salah satu faktor yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer game. Bisanya apa yang sudah memiliki brand terkenal, memiliki banyak sekali pilihan untuk kita gunakan pada sebuah PC game.

Namun untuk poin nomor 1 ini power supply yang kita gunakan akan sedikit lebih mahal. tetapi untuk power supply yang sudah memiliki merk terkenal dan terpercaya, biasanya memiliki keunggulan dibandingkan dengan power supply yang lebih murah.

2. Daya maksimal dari power supply

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, semakin besar arus listrik yang digunakan maka akan membuat komputer yang kita gunakan menjadi stabil. Biasanya untuk sebuah PC game rakitan, dibutuhkan setidaknya daya arus listrik minimal sebesar 450 watt, maka jika kita menggunakan power supply yang memiliki daya lebih dari 450 watt hal itu akan semakin lebih baik untuk kinerja komputer game. Untuk menstabilkan daya yang dibutuhkan oleh komponen-komponen seperti processor, RAM, VGA, motherboard, dan jufa perangkat pendukung yang lainnya

3. Efisiensi

Dari banyaknya band Power supply yang ada, tentunya setiap brand akan menawarkan efisiensi yang berbeda. Efisiensi yang akan menunjukkan seberapa besar arus listrik dari power supply yang akan diberikan pada PC gaming. Jika efisiensi semakin tinggi maka power supply tersebut sudah cocok untuk digunakan.

Jika untuk PC gaming, power supply yang kita butuhkan adalah power supply yang dapat memberikan efisiensi sebanyak 80%. Apabila kurang dari ketentuan yang saya Sebutkan, akan mempengaruhi dari kinerja komputer, sehingga komputer game tidak akan berjalan dengan optimal, bahkan ada kemungkinan tidak mau menyala sama sekali.

Demikianlah tips memilih power supply untuk komputer game yang bisa saya share. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dalam memilih power supply yang bagus.
Terima kasih sudah berkunjung baca juga artikel kami yang lainnya untuk menambah wawasan anda.

0 Response to "Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer Game Yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel